CURUG CIBEUREUM – BOGOR

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Ngebolang Nekat ke Curug Cibeureum Cibodas

One Day (19 April 2013)

Hallo ketemu lagi bareng saya.. Kali ini saya bareng ama temen kerja. Namanya Annisa.
Mulai aja kali ya. Ini bener2 petualangan nekat plus ngedadak. Kenapa? Karena kita ngerencanain sehari sebelum nya. Kita berdua bener2 gak tau medan nya. Katanya sih mba nisa tau tempatnya.
Kita start hari jumat pagi jam setengah 7 di kampung melayu. Tadinya kita mau naik bis tp dipikir2 kita naik kereta ajalah. Kita naik kereta dari stasiun tebet. Kira2 jam8an kita sampe di stasiun bogor. Kita sarapan dulu tuh di taman topi. Jam 9.00 kita lanjut perjalanan dengan naik angkot 03 (warna ijo) ongkos nya 2000 ke baranang siang. Lanjut naik mobil kol putih ke arah cianjur ongkos nya 15.000. Ada sesuatu hal yg unik di tengah perjalanan. Saat saya tanya mba nisa “tau tempat nya gak?” “Tau tp plang nya aja” (tepok jidad) . Saya fikir kalaupun kelewatan ya sudah kita lanjut aja ke bandung (saking pasrahnya). Akhirnya kita sampai juga di pertigaan cibodas. Disini udah mendung plus gerimis. Lanjut naik angkot ke atas ongkosnya 3.000. Eh saat perjalanan ke atas hujan. Yah akhirnya kita pakai payung aja. Disitu ada 2 gerbang. Satu buat perkemahan satu lagi buat ke curugnya. Karena mba nisa ngeyel ama pak supir akhirnya kita bolak balik kedua gerbang itu. Disini kita start naik kira2 jam 11. Gerimis dan dingin.. Sampai di pintu masuk kita beli tiket masuk, harga nya 3.000. Disitu kita dicatat namanya (takut ilang.hehehe). 200m pertama masih semangat. Kesananya udah ngos2an.. hahaha. Di perjalanan ketemu kumbang yang dah langka bgt. Ketemu tumbuhan yg dah langka.  Kiri kanan hutan bgt cuma suara angin, jangkrik, ular, dan dedaunan. Disini kita saling menuntun, saling? Kayaknya saya aja deh yg dituntun :p .. Singkat cerita kita sampe di 2km ketemu dengan danau telaga biru, saya lihat kotor ya.. pendakinya pada ninggalin sampah nih. Disini udah mulai kedengeran air terjun nya.. makin menambah semangat,rasanya cape ilang. Oh ya selama perjalanan kita ketemu orang2 yg mau naik juga dan yg mau turun. Di perjalanan kita ketemu cowok ganteng bgt dah. Dia senyum ke kita (GR bgt), pengen bareng tapi mereka jalannya cepet bgt (mereka yang cepet apa kita yang lelet yak? Hahaha). Akhirnya kita sampai di 2,5km, makin dekat suara air terjun nya.. pas kita lihat, takjub dengan kuasa-Nya. Kita sampai di atas jam 12.30 dan langsung simpan tas dan buka sepatu, terjuuuuunnn … dingin airnya.. hahahaa… kebetulan air terjun nya yg nyala cuma dua, katanya sih ada 3.

image
Air terjun utama

Ada satu hal yg uniq. Ada 3 orang (entah arab entah india) tiba2 ngasih kita uang karena mereka senang melihat kita sholat (oh my God). Dasar org2an.
Singkat cerita lagi kita turun jam 14.30, lumayan cepet sih. Kali ini saya yg setia menunggu dan menuntun mba nisa setelah td pas naik mba nisa yg setia menunggu dan menuntun saya. Sesampai di pos pertama tempat beli tiket masuk, ada bapak2 tanya “mana temannya?” “Kita berdua aja pak” “ah masa?” Hahaha gak percaya dia.. ^_^ Sampai bawah udh hampir jam 16.00. Cari mushola payah bgt dah, mana hujan gede lg.. terpaksa kita buka senjata kita (payung).. eh ketemu org arab ntu lagi (tepok jidat dah) … niat mau makan mie rebus pake cabe rawit tp gagal gara2 tukang warung nya lama bgt mana hujan gede. Akhirnya kita putuskan untuk melanjutkan perjalanan. Sesampainya di pertigaan cibodas kita cari mushola buat sholat ashar, alhamdulillah ketemu. Musholla nya masuk ke pemukiman masyarakat sana, ramah2 ibu2 nya. Di sini kita sekalian ganti baju (udah kedinginan). Kelar sholat hujan berhenti, alhamdulillah… lanjut cari kol putih ke arah bogor, saat itu jam 16.30. Aduh kita kena macet pas mendekati daerah taman safari. Ada buka tutup jalan karena ada pak presiden lewat (nyusahin aja). Akhirnya kita sampe baranang siang jam 19.00 dan lanjut kita makan di KFC depan taman topi karena naga dalam perut dah kelaparan..
Kelar makan kita lanjut pulang ke Jakarta, ada sesuatu hal yg bikin kesel adalah kereta ngaret. Harusnya jam 20.15 eh malah dateng jam 21.00 dan berangkat jam 21.30..

image
Narsis sebelum tidur

Di kereta kita tidur karena dah kecapean.. Alhamdulillah sampe stasiun Juanda jam 23.00, disini saya turun sendiri karena mba nisa dah turun duluan di Manggarai.
Dah ah ceritanya.. pegel juga ngetik nya.. tunggu cerita dedew berikutnya ya..
Salam Traveling…. ^_^
Wassalamualaikum…

NB : untuk foto2nya bisa lihat di galeri Curug Cibeureum Cibodas

15 thoughts on “CURUG CIBEUREUM – BOGOR”

  1. Inspiratif sekali , bahkan dua orang cewe aja bisa …. dan parahnya bikin cewe saya ngajakin kesana gara – gara baca blog ini . demi harga diri laki – laki meski ngeri juga jauh – jauh kebogor , secara saya kan ga pernah boleh jauh – jauh mainnya ama mama , jempol banget ulasannya * mana ujan gede ?

  2. boleh tau gk kak untuk nama angkotnya untuk menuju keatas apa?dikarenakan di tulisan kaka kurang spesifik untuk angkot yg menuju ke atas,thanks

    1. Dari st bogor naik angkot 03 ke arah baranang siang. Nanti minta sama sopirnya berhenti di tempat ngetem kol putih yg ke arah cibeureum. Dari kol putih turun di plang gede taman nasional gunung gede pangrango. Kalo matanya gak awas biasanya kelewatan, jadi ngomong aja ke sopirnya minta diturunin di taman nasional gunung gede pangrango. Seingat saya ditempat turun itu ada indomaret / alfamaret gt, lupa. Dari situ naik angkot lagi ke atas. Kalo gak salah angkotnya cuma satu macam aja. Kalo gak sebelum naik tanya lagi aja. Nanti turun mentok di depan gerbang wisata gunung gede pangrango. Semoga membantu. 😃

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Its About My Travelling Journey, Culinary and Anything Silly in Between

%d bloggers like this: